Spread the love

Tahukah kamu bahwa rata-rata kecelakaan tabung gas diakibatkan oleh pemasangan gas yang salah. Seringkali pemasangan gas dilakukan dengan terburu-buru dan tidak memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya berpengaruh saat gas tersebut akan digunakan.

Beberapa hal yang sering terlewat seperti, regulator yang longgar dan tabung yang bocor umumnya menjadi pemicu ledakan serta kebakaran akibat tabung tersebut. Oleh sebab itu cara memasang gas serta regulatornya harus sesuai dengan standar  yang berlaku.

Selain dari sisi pemasangan, perhatikan juga tempat penyimpanan dan komponen gas yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Agar kamu terhindar dari kecelakaan tabung gas, kamu bisa memahami beberapa cara pemasangan tabung gas yang tepat berikut ini!

Cara Memasang Gas Elpiji pada Kompor Gas

Tahap pertama dari cara memasang tabung gas adalah menghubungkan aliran dari tabung gas ke dalam kompor. Namun, tentu saja bukan sembarang menghubungkan alirannya karena kamu harus menghubungkan aliran gas dengan benar dan aman. Setelah  mengetahui cara pasang gas elpiji, selanjutnya tinggal memahami langkah kedua yakni cara memasang regulator gas.

Berikut ini adalah langkah-langkah di tahap pertama yang perlu kamu ikuti sebagai bagian kedua dari cara memasang gas pada kompor.

1. Sambungkan Ujung Selang dengan Pipa Gas

Cara pasang regulator gas yang pertama cukup mudah. Kamu hanya data sgp perlu memasukkan salah satu ujung selang ke dalam pipa gas di bagian belakang kompor.

2. Pasang Cincin Penjepit

Berikutnya, pasangkan cincin penjepit gas ke ujung pipa gas yang telah disambungkan dengan selang. Cincin penjepit ini adalah pengaman selang yang wajib ada dan biasanya terbuat dari logam sewarna selang dan dapat dikencangkan dengan obeng.

3. Pastikan Selang Gas Dipasang dengan Benar

Pastikan ujung selang telah tersambung dengan kuat pada pipa gas di belakang kompor dan pastikan telah dikencangkan oleh cincin penjepit dengan sangat kuat.

4. Pasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator

Kemudian, pasang ujung selang satunya ke pipa regulator gas. Sama seperti langkah kedua, sambungan pada regulator ini juga harus dikencangkan dengan cincin penjepit agar semakin aman.

5. Periksa Kembali Semuanya agar Tak Ada Kesalahan

Pada cara memasang regulator gas yang terakhir ini, kamu hanya perlu memeriksa ulang seluruh proses dari tahap awal. Pastikan pula sambungan selang pada regulator sudah terpasang dengan baik dan terlindungi dengan kuat oleh cincin penjepitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot depo 10k
slot qris
slot spadegaming
slot pg soft
habanero slot
cq9 slot
slot garansi kekalahan bebas ip